Sabtu, 19 Januari 2013

Sejarah dan budaya serta perkembangan agama Islam di Indonesia



 Pendahuluan

Hubungan manusia dengan tuhan adalah agama. Si pemula membuat suatu kepercayaan atau suatu agama agar manusia tau syarat-syarat dari keberuntungan yg mereka dapat gapai semampu kemampuannya menjalani syarat-syarat tersebut.
Sebagai manusia, ia berhak memilah milih agama yg mereka ingin peluk sebagai hukum dari keseharian untuk menjalankan hidup. Oleh sebab itu  penjabaran dari berbagai agama di perpijakan ini di buat. Untuk mengetahui siapa dan siapa kita sekarang ini.

Sejarah dan budaya serta perkembangan agama Islam di bumi Indonesia


Sebelum abad ke 13 Masehi, pedagang-pedagang dari timur tengah datang ke indonesia, karena pada saat itu Indonesia adalah negara denga letak berdagang paling strategis di dunia. Agama islam sudah berkembang di bandar-bandar perdagangan di seluruh indonesia. Hal ini di mungkinkan karena pedagang muslim tersebut berhubungan erat dengan para penguasa pribumi yang menguasai bandar-bandar perdagangan di indonesia.
Pada abad ke 13 Masehi, agama islam berkembang pesat di Indonesia. Perkembangan dari agama islam pada saat itu hampir ke seluruh pelosok di indonesia. Sebab dari perkembangan agama islam di indonesia salah satunya adalah pedagang-pedagang muslim tersebut menikahi wanita pribumi yang pada saat itu masih mempercayai Animisme atau Dinamisme. Dan mereka lambat laun mengikuti ajaran-ajaran yg awam bagi mereka ketahui. Dan anak-anak yang dihalirkan pun berpeluk dengan apa yang orang tua nya jalani.

Pada abad ke 16 Masehi hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia memeluk agama islam. Mereka dapat menerima dan memeluk agama islam karena persebaran ajaran agama islam sangatlah damai serta tidak ada pengkastaan di dalamnya.  Lambat laun kerajan-kerajajaan bercorak islam pun bermunculan. Kerajaan pertama di indonesia adalah Samudera pasai. Di dirikan oleh sultan malik as-saleh. Dengan logika saja kita dapat memikirkan nya. Kalau rajanya beragama Islam, maka rakyat pun mengikuti  apa yang dianut oleh sang raja. Kerajaan adalah Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan samudra pasai terletak di lhok seumawe dan berdiri  pada tahun 1270. Setelah kerajaan samudra pasai, lambat laun muncul kerajaan bercorak Islam lain nya seperti kerajaan Banten, kerajaan Demak, dan lain-lain.
Penyertaan peran 9 wali Allah atau di sebut dengan wali songo pun tidak bisa di tinggalkan. Beliau menyebarkan agama islam dengan cara berseni atau cukup hanya berbicara masalah kehidupan. Masing-masing wali Allah itu menyebarkanagama islam rata-rata menurut nama yang akrab kita sebagai awam kenal, contoh nya sunan gresik beliau menyebarkan agama islam di daerah gresik dan sekitarnya.
Bicara tentang budaya dari agama islam tentu tidak jauh berbeda dengan timur tengah. Beberapa budaya Islam di Indonesia seperti tari saman, tari zapin, tari hadrah. Maupun dari seni musiknya adalah Musik Rebana, Marawis, Hadrah, serta orkes Gambus. Pastilah di dalam suatu nama disana ada peristiwa-peristiwa yang menyebabkan nama itu ada. Dari upacara adat, boleh kita mengambil kesimpulan dari Maulid/Maulud untuk memperingati Kelahira baginda Nabi Besar Muhammad SAW.

Mohon di maafkan apabila tulisan di atas ada berita kesalahan, karena keterbatasan ilmu penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar